5 Menu Makan Sahur  yang Sebaiknya Anda Hindari

5 Menu Makan Sahur  yang Sebaiknya Anda Hindari

Makan sahur merupakan suatu bagian yang penting dalam menjalankan ibadah puasa. Dengan sahur kita akan mendapatkan asupan energi sebagai modal puasa sehari. Oleh karena itu anda harus cermat dalam memilih menu makan sahur, tentu saja untuk menghindari anda merasa sakit atau lemas saat menjalankan ibadah puasa.

Ada beberapa menu makan sahur yang sebaiknya anda hindari untuk menjaga stamina selama kurang lebih 12 jam agar kesehatan anda tetap terjaga.

Berikut 5 Menu Makan Sahur  yang Sebaiknya Anda Hindari. 

  1. Kopi

Sebaiknya anda menghindari meminum kopi saat sahur puasa. Hal ini karena kopi mempunyai zat laksatif yang memicu anda lebih sering mengalami pembuangan. Zat ini menstimulasi usus besar pada tubuh anda sehingga bekerja lebih cepat dan  membuat frekuensi ke toilet anda lebih sering ketimbang saat tidak mengonsumsi kopi.

Asam lambung dalam perut anda juga mempunyai potensi meningkat karena zat asam yang terdapat dalam kopi sehingga dapat membuat perut anda tidak nyaman.

  1. Makanan asin

Anda tentunya tidak ingin puasa anda tergoda dengan rasa haus yang melanda. Selain karena kekurangan cairan, rasa haus bisa dipicu karena mengonsumsi makanan asin yang berlebihan. Makanan asin dapat memicu anda merasakan rasa haus yang bisa berakibat kurang baik. Selain itu rasa asin juga bisa memicu hipertensi yang tentu saja mengganggu kesehatan anda.

Rasa asin dari menu makan sahur yang bisa anda hindari antara lain jenis kacang yang diasinkan, acar, kuaci serta makanan-makanan instan, seperti makanan kaleng. Untuk mengurangi rasa haus maka anda bisa mengurangi porsi garam juga penyedap rasa di dalam masakan yang anda buat dan konsumsi.

  1. Karbohidrat sederhana

Selama berpuasa kita tetap melakukan aktivitas seperti biasanya, bahkan tidak ada aktivitas yang berkurang tetap seperti hari biasa.  Padahal selama 12 jam lebih tubuh kita tidak menerima asupan makanan sebagai sumber bahan bakar tubuh yang menciptakan energi untuk beraktivitas. Oleh karena itu lah tubuh harus diberikan asupan energi yang cukup melalui karbohidrat yang kompleks, mengapa demikian ?

 Menu makan sahur menjadi penentu energi saat anda berpuasa. Kalau asupan karbohidrat yang anda terima sesuai takaran maka tubuh akan tetap terjaga dan menghindarkan anda dari rasa cepat lelah dan juga lesu saat siang hari. Karbohidrat yang kompleks akan disimpan sebagai sumber energi dan dilepaskan perlahan pada jam-jam tertentu sehingga kondisi anda tetap stabil meskipun tidak makan dan minum.

Makanan yang banyak mengandung karbohidrat kompleks antara lain ada oat, nasi merah dan juga  gandum serta barley. Apabila anda mengonsumsi karbohidrat sederhana secara berlebihan maka anda akan cepat merasa kenyang. Karena rasa cepat kenyang ini lah yang menyebabkan anda di siang hari cepat juga merasa lapar kembali. Karbohidrat sederhana akan langsung dilepas ke tubuh sehingga anda pada jam-jam siang akan merasa sangat lapar.

Gula pasir, kue, susu, soft drink, merupakan makanan dengan karbohidrat sederhana. Jadi sedikit kurangi dan tambahkan karbohidrat kompleks dalam makanan anda.

  1. Makanan pedas

Saat anda makan sahur sebaiknya kurangi makanan pedas. Selain karena memicu asam lambung naik sehingga berbahaya bagi anda penderita magh, makanan pedas juga dapat membuat anda merasa cepat haus seperti halnya saat anda mengonsumsi makanan asin.

  1. Makanan berlemak tinggi

Sebaiknya anda menghindari menu makan sahur yang berlemak tinggi. Saat tidak berpuasa saja dianjurkan untuk mengurangi porsi lemak, apalagi saat anda menjalankan ibadah puasa.

Makanan yang berlemak tinggi bisa menyebabkan gangguan pada pencernaan anda. Selain membuat diare, makanan yang mengandung lemak tinggi membuat perut anda menjadi buncit karena bisa juga menyebabkan sembelit. Jadi lemak tinggi ini mengganggu anda dalam dua sistem kerja, yaitu mempercepat dan menghambat masalah pencernaan dan kerja usus anda.

Anda bisa mengubah makanan berlemak dengan mengurangi kadar lemaknya, seperti mengubah menu ikan goreng anda menjadi ikan bakar. Karena makanan berlemak sangat mengganggu sistem pencernaan, sehingga bagi anda yang menjalankan ibadah puasa sebaiknya menghindari terlebih dahulu jenis makanan ini.

error: Content is protected !!