Bagi Anda Penderita Radang Usus, Berikut 3 Tips untuk Bisa Menjalankan Puasa

Bagi Anda Penderita Radang Usus, Berikut 3 Tips untuk Bisa Menjalankan Puasa

Penyakit radang usus merupakan penyakit  yang menyerang organ pencernaan kita yakni usus yang mengalami sakit peradangan atau inflamasi. Peradangan yang kronis pada sistem pencernaan atau gastrointestinal memicu penyakit usus kolitis ulseratif  dan juga penyakit Crohn. Ada gangguan yang keliru pada sistem pencernaan yang normal dan sehat akibat dari reaksi kekebalan tubuh yang salah.

Lalu apakah penderita radang usus diperbolehkan menjalankan ibadah puasa? Seperti kita ketahui, berpuasa merupakan kewajiban setiap muslim yang dijalankan satu bulan penuh selama satu tahun sekali. Tentunya kita tidak ingin meninggalkan momen ibadah tahunan tersebut. Namun apakah penderita radang usus aman menjalankan ibadah tersebut ? Berikut tips yang bisa digunakan.

Tips Aman Menjalankan Puasa bagi Penderita Radang Usus

Pola makan dapat meningkat seseorang terkena penyakit radang usus

Gejala dan tanda-tanda penyakit radang usus bisa datang dan hilang sewaktu-waktu. Penyakit ini merupakan jenis penyakit jangka panjang. Gejala yang muncul tergantung pada tingkat bagian peradangan yang di derita seseorang.

Gejala dan tanda-tanda penderita radang usus berbeda-beda. Satu orang dengan orang lainnya tidak lah sama. Ada yang merasakan anemia, muntah-muntah bahkan ada yang demam tinggi. Gejala yang dirasakan bisa tiba-tiba datang dan juga pergi dan berangsur-angsur dalam jangka waktu yang lama. Ada yang merasakan gejala ringan bahkan ada yang merasakannya sangat parah.

 Pola makan dan juga rasa stres bisa memicu seseorang menderita radang usus, namun ini bukan lah penyebab utama. Untuk faktor utama penyebab seseorang menderita radang usus belum diketahui secara pasti. Sistem kekebalan tubuh yang keliru diduga menyebabkan seseorang mengalami radang usus, namun untuk faktor yang mempengaruhi kerja kekebalan tubuh tersebut belum bisa diketahui.

Namun juga ditengarai faktor genetik atau keturunan juga sebagai pemicu seseorang menderita penyakit radang usus. Bagi anda yang keluarga atau kerabat terdekat mempunyai riwayat penyakit radang usus maka ada kemungkinan anda bisa mengalami penyakit tersebut.

Tips aman menjalankan puasa bagi penderita radang usus 

Seseorang yang menderita radang usus dan bertekad tetap menjalankan puasa sebenarnya tidak dilarang. Tetap diperbolehkan dengan catatan bisa menjalankan tips-tips aman berikut ini agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kambuhnya rasa sakit. Dengan memperhatikan tips di bawah ini anda bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar walaupun mempunyai sakit radang usus.

  1. Pola makan saat berbuka puasa dan juga saat sahur harus diperhatikan

Pola diet yang diterapkan pada seseorang yang menderita radang usus adalah dengan mengurangi porsi makanan namun membuat jam makan lebih sering. Pola ini diterapkan untuk mengurangi kerja usus secara berat. Dengan jumlah makanan yang kecil maka usus tidak bekerja terlalu berat. Kandungan pada makanan yang dikonsumsi pun harus diperhatikan.

Lalu bagaimana dengan pola makan saat puasa? Berikut pola makan yang bisa anda terapkan :

  • Rendah serat. Sebaiknya anda mengurangi makanan yang tinggi serat seperti sayuran dan pisang serta buah lain saat anda makan buka dan sahur.
  • Penderita radang usus harus menghindari makanan yang berlemak tinggi. Seperti santan dan jeroan serta kacang-kacangan sebaiknya dihindari.
  • Kurangi makanan pedas dan juga makanan yang mempunyai tingkat keasaman yang tinggi.
  1. Konsumsi pro biotik

Konsumsi makanan dan juga minuman yang banyak mengandung pro biotik. Yakni bakteri yang hidup biasanya sama dengan bakteri yang berada di dalam usus. Pro biotik ini sangat penting bagi para penderita penyakit radang usus. Peran dan fungsi bakteri ini sangat sentral. Yaitu sebagai bakteri yang membantu proses pencernaan dan juga membantu penyerapan dan pengolahan zat-zat kandungan yang ada di makanan  yang kita konsumsi.

Makanan yang banyak mengandung pro biotik antara lain ada yoghurt, tempe, kefir dan juga teh kombucha. Makanan dan minuman ini membantu anda untuk tetap kuat dan lancar dalam menjalankan ibadah puasa meski menderita radang usus. Jadi sebaiknya masukan makanan dan minuman ini ke dalam menu buka dan sahur anda.

Untuk memenuhi jumlah pro biotik yang dibutuhkan oleh tubuh anda bisa dengan mengonsumsi suplemen pro biotik yang ada. Namun sebaiknya anda konsultasikan terlebih dahulu untuk jumlah pro biotik yang anda butuh kan di dalam tubuh anda.

  1. Cukupi kebutuhan vitamin D di dalam tubuh

Seseorang penderita radang usus mempunyai jumlah atau kadar vitamin D yang rendah. Bahkan penyakit Crohn yakni salah satu penyakit radang usus, juga disebabkan oleh kekurangan vitamin D.

 Untuk meredakan penyakit Crohn dan juga menyembuhkan radang usus serta meningkatkan kekebalan tubuh maka dibutuhkan asupan vitamin D yang cukup dan banyak.

  • Untuk mencukupi kebutuhan vitamin D anda, sebaiknya anda sering memaparkan diri di bawah sinar matahari.
  • Konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin D dan juga suplemen tambahan.

error: Content is protected !!