Gemuk setelah Menikah Itu Tanda Bahagia? Benarkah?

Gemuk setelah Menikah Itu Tanda Bahagia? Benarkah?

Pernah tidak kamu melihat teman-temanmu yang justru menjadi gemuk setelah menikah? Atau mungkin kamu juga mengalami hal tersebut? Setelah kamu menikah, ternyata berat badanmu malah semakin bertambah dan kamu tidak begitu sadar akan hal tersebut.

Ya, ternyata jika kamu bertambah gemuk semenjak menikah itu tandanya kamu merasa bahagia. Apakah benar? Hal tersebut ternyata sudah tercantum dalam sebuah studi yang membahas mengenai hal tersebut.

Studi tersebut dikerjakan oleh Tim Reset untuk National Center for Biotechnology yang menemukan jika seseorang yang merasa bahagia karena cinta itu dapat membuat berat badannya menjadi naik. Peneliti dalam studi tersebut melibatkan sebanyak 169 pasangan dan terus memantau perkembangan mereka selama jangka waktu empat tahun. Untuk riset ini, setiap pasangan sengaja ditimbang berat badannya 2 kali per tahun.

Pasangan tersebut juga diminta untuk memberi detail terkait dengan kebahagiaan yang mereka rasakan pasca menikah. Hasilnya, mereka yang mengatakan jika pernikahannya bahagia memiliki berat badan yang naik dan mereka yang merasa sebaliknya tetap langsing dan bahkan ada yang akhirnya memutuskan untuk berpisah.

Mengenai studi tersebut, bisa dijelaskan jika mereka yang berada dalam sebuah hubungan yang bahagia dan stabil cenderung tak akan memikirkan lagi untuk tetap tampil atraktif demi menyenangkan hati orang lain. Mereka telah percaya diri terhadap diri mereka sendiri yang apa adanya.

Sementara itu, pasangan yang tidak bahagia cenderung memiliki tuntutan untuk terus terlihat menarik di mata orang lain. Hal tersebut dikarenakan mereka mempunyai kecenderungan atau keinginan untuk menemukan orang lain di luar sana yang lebih baik.

Meskipun begitu, tetap saja penting untuk terus memperhatikan berat badan kita sekalipun kita sudah menikah. Seorang psikolog yang juga tergabung dalam studi tersebut, Andrea L. Meltzer menyatakan jika setiap pasangan juga tetap wajib memperhatikan berat badan mereka. Sebab, kegemukan dapat mengakibatkan sesuatu yang buruk bagi kesehatan. Misalnya menyebabkan diabetes atau penyakit kardiovaskular lainnya.

Selain itu, ada beberapa faktor lain yang bisa mengakibatkan seseorang menjadi lebih gemuk setelah ia menikah yaitu karena ia tidak sering berolahraga. Selain itu, sibuk dengan kehidupan pernikahan tanpa memperhatikan berat badan sendiri hingga pola makan yang tidak terjaga juga menjadi faktor penyebab lain.

Meskipun studi tersebut menyebutkan jika gemuk setelah pernikahan artinya kita bahagia dengan pernikahan tersebut (menurut data yang ditemukan), tetapi nampaknya akan lebih baik jika kita tetap berusaha menjaga pola makan yang sehat bahkan setelah menikah.

Mengapa? Karena akan lebih bahagia lagi jika kita dapat menghabiskan waktu yang lebih banyak dengan pasangan dan keluarga yang kita sayangi dalam keadaan sehat. Jadi, tetap jangan lupakan sehat itu penting. Bagaimana menurutmu?

error: Content is protected !!