Ingin Bahagia? Stop Bandingkan Hidupmu dengan Orang Lain

Ingin Bahagia? Stop Bandingkan Hidupmu dengan Orang Lain

Setiap orang tentu pernah merasakan yang namanya iri hati. Ya, sifat tersebut memang manusiawi. Setiap individu tentu pernah merasakan hal yang sama seperti saat melihat orang lain sukses atau merengkuh keberhasilan. Wah, si A akhirnya menikah dengan seorang pria kaya raya. Eh, si B ternyata sukses dengan bisnisnya. Dan si C ternyata sudah punya anak yang menggemaskan.

Kemudian seketika itu kita melihat diri kita sendiri yang ya masih begini-begini saja. Well, perasaan iri tersebut memang manusiawi. Tetapi, jangan biarkan perasaan tersebut mengikis kebahagiaan kita dan membuat kita menjadi seseorang yang sirik akan keberhasilan yang diraih orang lain.

Ladies, kamu harus ingat jika salah satu kunci dari kebahagiaan yang paling mendasar adalah dengan cara mensyukuri apa yang kita dapatkan dalam hidup dan membuang jauh-jauh rasa dengki dan iri dari hidup kita.

Mengapa kita harus jauh-jauh dari perasaan iri dan dengki tersebut? Alasannya simpel. Karena rasa iri ini biasanya hanya akan membuat kita tidak bisa mensyukuri apa saja yang sudah kita miliki saat ini. Padahal jika melihat orang-orang di sekitar kita, ternyata masih banyak yang tidak seberuntung kita. Atau bahkan ada mereka yang malah ingin berada di posisi seperti kita saat ini.

Seperti pepatah jawa yang menyatakan bahwa “urip iku sawang-sinawang” yang artinya hidup itu adalah saling pandang dan memandang. Terkadang orang memang hanya bisa melihat sesuatu dari apa yang terlihat saja, hanya dari luar tanpa tahu seperti apa di belakang semua itu.

Orang-orang tidak tahu hidup seperti apa yang telah dilewati oleh seseorang hingga ia bisa berada di posisi mereka sekarang yang berhasil dan sukses tersebut. Bisa jadi, mereka telah melewati ujian hidup yang benar-benar luar biasa. Namun, semua manusia yang melihatnya kemudian terlanjur berprasangka terlebih dahulu sebelum mengetahui apa yang sebenarnya sudah orang tersebut alami dalam kehidupannya.

Intinya, jangan pernah untuk mencoba membandingkan hidup yang kita alami dengan orang lain. Ingatlah jika setiap individu mempunyai kehidupannya masing-masing. Itulah alasan mengapa sepatu kaca Cinderella memang hanya cukup untuk ia seorang, dan tidak untuk orang lain. Itu karena setiap individu memang memiliki jalan hidupnya tersendiri dan tidak bisa disamakan.

Nah, karena itulah mulai sekarang ada baiknya jika kita berhenti untuk iri dengan hidup orang lain dan mulai untuk menjalani hidup kita sendiri dengan sebaik-baiknya. Jangan lupa untuk memperbanyak bersyukur dan tidak banyak mengeluh dalam menjalani hidup karena di setiap jalan pasti akan ada rintangannya.

Terakhir, ingatlah jika hidupmu akan menjadi lebih indah dengan bersyukur. Dan jangan lupa untuk berbuat baik pada siap saja, dimana saja dan kapan saja. Have a nice day!

error: Content is protected !!