Lebih Suka Punya Sedikit Teman, Orang Cerdas Miliki Alasan Ini

Lebih Suka Punya Sedikit Teman, Orang Cerdas Miliki Alasan Ini

Apa yang menurut kamu dapat membuat hidup seseorang bisa menjadi lebih berwarna dan bermakna? Teman bisa menjadi salah satu jawabannya. Ya, memiliki mereka yang dekat dengan kita dan bisa kita ajak jalan-jalan kemana saja tentu sangat menyenangkan. Coba bayangkan jika kita hidup tanpa seorang teman, pasti hidup ini akan terasa hampa dan sepi bukan?

Tapi, tahukah kamu jika ternyata orang-orang cerdas justru lebih suka memiliki sedikit teman saja? Ya, ternyata mereka lebih memilih untuk tidak memiliki terlalu banyak teman seperti orang kebanyakan. Hal tersebut diungkap dalam penelitian terbaru yang telah diterbitkan di British Journal of Psychology.

Penelitian tersebut menjelaskan jika salah satu hal yang membuat seorang semakin bahagia adalah saat ia memiliki kehidupan sosial yang baik dan sering melakukan sosialisasi dengan banyak teman. Namun, hal tersebut nampaknya tidak berlaku bagi orang-orang cerdas.

Menurut penelitian, dikelilingi banyak orang dan berada di situasi dimana mereka sering bersosialisasi atau berkumpul dengan banyak orang justru akan membuat mereka tidak bahagia. Hal itu bukan disebabkan mereka tidak menghargai apa itu teman, justru sebaliknya.

Ternyata, orang cerdas malah memikirkan sebuah hubungan sosial yang mendalam. Dalam hal ini, mereka lebih fokus terhadap hubungan jangka panjang yang objektif. Mereka beranggapan bahwa tak ada artinya jika memiliki banyak teman tetapi pada akhirnya mereka harus pergi satu demi satu. Karena kamu hanya akan memiliki beberapa teman dekat saja ketika tumbuh dewasa nanti.

Dibanding membuang-buang waktu untuk hangout bersama banyak teman dan ngobrol tidak jelas kesana kemari, orang-orang cerdas akan memilih untuk memanfaatkan waktunya tersebut untuk mengembangkan dirinya sekaligus membuat hidupnya menjadi lebih bermanfaat demi masa depannya nanti.

Selain itu, orang cerdas justru sangat menghargai hubungan pertemanan dan persahabatan yang kuat. Mereka lebih memilih sejumlah teman saja yang benar-benar dapat mereka jadikan sahabat dalam jangka waktu yang lama. Teman yang mengerti visi dan misi satu sama lain. Dengan kata lain, mereka yang cerdas juga selektif dalam memilih teman.

Namun, meskipun begitu bukan artinya jika mereka ini pilih-pilih. Akan tetapi, mereka cenderung untuk mencoba sebaik mungkin untuk tidak membuang waktu mereka dengan banyak teman dimana-mana yang malah pada akhirnya juga tidak akan tinggal selamanya.

Orang cerdas akan berpikir bahwa akan lebih baik bagi mereka untuk memiliki satu teman saja tetapi bisa bertahan untuk selamanya daripada memiliki banyak sekali teman tetapi ternyata tidak ada yang benar-benar selalu ada dan pada akhirnya satu persatu meninggalkannya.

Demikianlah alasan mengapa orang cerdas hanya memiliki sedikit teman saja. Tentu hal ini kembali pada pilihan masing-masing pribadi juga. Sekian.

error: Content is protected !!