Vitamin dan Mineral yang Sangat Dibutuhkan Tubuh Saat Menjalankan Puasa

Vitamin dan Mineral yang Sangat Dibutuhkan Tubuh Saat Menjalankan Puasa

Untuk setiap umah muslim, menjalankan ibadah puasa termasuk hal wajib. Terutama dilakukan saat bulan Ramadhan. Selama berpuasa, anda harus menahan haus, lapar dan semua pantangan lain selama 13 jam setiap harinya.

Dalam waktu tersebut, maka tidak akan ada minuman atau makanan yang masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu akan ada cukup banyak fungsi tubuh yang mengalami perubahan. Salah satunya pada penurunan sistem kekebalan tubuh. Jadi anda membutuhkan zinc dan vitamin C supaya tubuh tetap kuat saat menjalankan puasa.

Vitamin dan Mineral yang Sangat Dibutuhkan Tubuh Saat Menjalankan Puasa

Vitamin Yang Dibutuhkan Tubuh

Saat menjalankan puasa, tidak sedikit orang yang menjadi mudah sakit. Baik terserang flu atau batuk. Hal tersebut terjadi sebagai tanda, bahwa sistem kekebalan tubuh telah menurun.

Perubahan pola makan dan tidak mendapatkan cukup nutrisi dari makanan juga menjadi penyebab lainnya. Oleh karena itu vitamin sangat dibutuhkan, salah satunya merupakan vitamin C.

Mengapa harus mengkonsumsi vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh selama menjalankan puasa? Karena vitamin C ini termasuk vitamin yang mudah larut dalam air. Dan ada baiknya sudah minum menjelang puasa supaya dapat beradaptasi dengan pola hidup yang baru selama sebulan puasa. Sedangkan fungsi vitamin C sendiri mulai dari:

  • Membuat kekebalan tubuh menjadi kuat
  • Membantu memperbaiki jaringan rusak
  • Sebagai antioksidan
  • Mencegah penuaan

Dapat membuat kekebalan tubuh meningkat, karena vitamin C ini mampu meningkatkan sel darah putih. Dengan begitu pasukan bakteri atau zat asing tidak akan menyerang tubuh anda.

Berfungsi sebagai antioksidan, karena dapat mencegah anda dari radikal bebas yang dapat memicu adanya penyakit kronis pada tubuh.

Vitamin C yang mudah larut dalam air ini, mudah hilang dan mudah dikeluarkan oleh tubuh. Baik melalui urin atau keringat dari dalam tubuh. Jadi dengan mengkonsumsi vitamin ini, maka anda dapat tertolong dalam memenuhi kebutuhan vitamin.

Mineral Yang Sangat Dibutuhkan Tubuh

Saat puasa, anda akan merasa tidak sebebas biasanya. Karena makan dan minum dilakukan hanya saat sahur dan buka puasa. Sedangkan untuk malam hari harusnya digunakan untuk istirahat.

Dengan begitu ha tersebut dapat membuat tubuh mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh dan kekurangan nutrisi. Tapi jangan khawatir, karena dapat disiasati dengan mengkonsumsi vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh. Tidak hanya vitamin C saja, tapi juga mineral berupa zinc yang mampu meningkatkan pertahanan atau daya tahan tubuh anda.

Zinc sendiri memiliki fungsi untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Meningkatkan daya tahan tubuh dan mampu membantu metabolisme karbohidrat. Untuk mengkonsumsi zinc juga sama dengan vitamin C, ada baiknya sudah dikonsumsi menjelang Ramadhan tiba atau sebelum melakukan puasa.

Karena zinc masih termasuk mineral yang tidak hanya dibutuhkan dalam proses pertumbuhan saja. Tapi juga berperan penting dalam perkembangan dan fungsi lainnya seperti di atas.

Dengan begitu, ibadah puasa anda akan menjadi lancar, tanpa gangguan dan tidak mudah terserang penyakit. Karena sudah mengkonsumsi vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh.

Sumber Vitamin C dan Zinc

Untuk sumber vitamin C dapat kita temukan pada beberapa makanan. Seperti buah-buahan yang terdiri dari jeruk, pepaya, mangga dan melon. Sedangkan sumber dari sayuran terdiri dari kembang kol, brokoli dan tomat.

Selain itu makanan yang memiliki kandungan zinc dapat ditemukan pada daging sapi, bayam, daging ayam dan makanan laut. Tapi jika anda tidak bisa mengkonsumsi semua makanan secara bersamaan, karena waktu yang terbatas. Maka dapat menggunakan beberapa suplemen yang memiliki kandungan zinc dan vitamin C yang baik dalam memenuhi kebutuhan mineral serta vitamin.

Setelah mengetahui fungsi dari vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh. Maka kesimpulannya dengan mengkonsumsi sumber vitamin dan zinc atau mineral ini termasuk hal yang sesuai supaya tidak mudah sakit saat menjalankan ibadah puasa.

Jadi untuk anda yang sedang menjalankan puasa dapat melakukan cara ini, dengan mengkonsumsi sumber vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh sebagai pengganti supaya tubuh tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

error: Content is protected !!