Waktu Olahraga Yang Baik Saat Puasa

Waktu Olahraga Yang Baik Saat Puasa

Waktu Olahraga Yang Baik selama bulan Ramadhan, tentunya sangat dicari. Karena akan ada banyak orang yang mengurangi melakukan kegiatan fisik seperti olahraga. Orang juga menjadi beranggapan, bahwa olahraga saat puasa dapat membuat lebih cepat haus akibat kehilangan cairan. Dengan begitu akan mengganggu ibadah puasa yang sedang dijalankan.

Padahal sebenarnya, aktivitas fisik selama menjalankan puasa tetap diperlukan dapat memberikan dampak yang baik untuk kesehatan tubuh. Seperti hasil penelitian yang telah dilakukan salah satu peneliti di Tunisia. Dari Universitas Sfax dan CHU Habib Bourgulba yang menujukkan, bahwa aktivitas fisik selama puasa akan memberikan dampak yang baik untuk kesehatan tubuh.

Hal tersebut terbukti dengan adanya parameter komposisi hematologi, tubuh dan biokimia dari partisipan. Partisipan tersebut melakukan olahraga dan mengalami perubahan yang lebih baik. Terutama pada persentase lemak tubuh yang berkurang, penurunan berat badan dan daya tahan tubuh menjadi meningkat.

Waktu Olahraga Yang Baik Saat Puasa

Olahraga Setelah Sahur

Untuk menentukan olahraga yang baik, dilakukan setelah atau sebelum puasa itu tergantung pada tujuan dari olahraga. Seperti anda yang bertujuan untuk meningkatkan, menjaga kebugaran tubuh dan mempertahankan masa otot. Perlu diperhatikan intensitas latihan dan kondisi tubuh saat latihan dilakukan.

Untuk anda yang bertujuan menjaga kesehatan tubuh dan kebugaran. Maka dapat melakukan olahraga pada pagi hari setelah selesai sahur. Karena saat pagi hari, suh udara masih segar dan tidak akan membuat anda menjadi haus berlebihan.

Sedangkan untuk olahraga yang dianjurkan dengan komposisi sebanyak 30% angkat beban dan 70% cardio.

Olahraga Sore Hari

Bagi anda yang olahraganya bertujuan untuk mempertahankan otot. Maka waktu olahraga yang baik dilakukan saat sore hari. Sekitar 1,5 jam sampai 2 jam sebelum waktu berbuka puasa tiba.

Jadi tidak perlu khawatir jika akan merasa kehausan, karena jarak waktu olahraga dengan waktu berbuka menjadi dekat. Jika sampai terjadi dehidrasi, akan dinormalkan kembali saat anda mulai berbuka puasa.

Saat menjalankan olahraga sore hari ini, dianjurkan untuk melakukan 50% olahraga angkat beban dan 50% olahraga cardio.

Olahraga Setelah Berbuka Puasa

Bagi anda yang ingin menginginkan kemampuan massa otot dan meningkatkan kekuatan. Maka olahraga harus ditingkatkan lebih tinggi dibandingkan biasanya. Lakukan olahraga setelah berbuka, karena olahraga ini cukup berat.

Haus dan lelah selama menjalankan olahraga ini tidak akan berpengaruh pada tubuh anda. Karena anda masih bisa minum langsung, seperti saat melakukan olahraga biasanya.

Selama waktu olahraga yang baik komposisi dianjurkan melakukan 70% olahraga angkat beban dan 30% olahraga cardio.

Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan

Untuk anda yang melakukan kegiatan olahraga selama bulan puasa. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum anda melakukan olahraga. Mulai dari olahraga yang dilakukan selama 30 menit sampai 1 jam maksimal.

Perhatikan juga jika melakukan latihan cardiovascular ringan. Baik dengan bersepeda atau berjalan. Karena dapat membakar kalori, meningkatkan fleksibilitas, meningkatkan stamina, detoksifikasi dan peregangan otot. Lakukan aktivitas sederhana seperti push-up, sit up dan latihan otot.

Perbanyak juga minum air sebelum berolahraga, seperti air kelapa. Karena dapat membantu fungsi jantung, meningkatkan elektrolit tubuh, membantu fungsi otot dan saraf.

Jangan melanjutkan aktivitas olahraga jika anda sudah merasa pusing, lemah atau sakit meskipun harus menurunkan intensitas latihan. Jangan melakukan latihan yang berlebihan. Seperti stepper, berlari dan mengangkat beban berat. Karena dapat membuat otot dan sendi menjadi cedera. Dapat menyebabkan komplikasi, tekanan darah rendah, pusing dan hipoglikemia.

Hindari juga mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak berlebih. Seperti gorengan atau makanan olahan yang mengandung banyak lemak supaya mendapatkan hasil maksimal sesuai waktu olahraga yang baik.

Dengan adanya dampak positif yang diberikan saat melakukan olahraga rutin. Maka dapat memberikan dampak yang positif, supaya olahraga ini tidak mengganggu ibadah puasa, pertimbangkan hal-hal lainnya sebelum melakukan olahraga.

Selain itu, setiap orang juga memiliki riwayat kesehatan yang berbeda. Jadi jika anda masih dalam perawatan dokter atau memiliki riwayat dengan penyakit kronis. Ada baiknya melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter tentang waktu olahraga yang baik, terutama sebelum melakukan aktivitas fisik selama menjalankan ibadah puasa.

error: Content is protected !!